ESSAY

Writer / NIM
CHINDRA DEWI MALE / 421412061
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Chindra Dewi Male. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Pemuaian kelas X di SMA Negeri 1 Limboto. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery berbasis eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning di kelas X di SMA Negeri 1 Limboto. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental bentuk pretest-posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 11 butir soal dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery berbasis eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 2,11 sedangkan ttabel pada taraf nyata = 0,05 (dk = 54) adalah 1,67, yang berarti Ho ditolak atau H1 diterima. (2) Rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery berbasis eksperimen lebih tinggi dari rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dengan yaitu 40,6 > 30,3. Kata Kunci: Discovery, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011