ESSAY

Writer / NIM
AKRAM TALIBANA / 421412064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Solving pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mananggu, X-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dan X-3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Problem Solving. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa uraian yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Skor rata-rata kemajuan hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 28,90, dan pada kelas kontrol skor rata-rata kemajuan hasil belajar adalah 21,71. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk (n1 + n2 - 2). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung ttabel yaitu 7,49 1,677 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Solving. Kata kunci: Model Problem Based Learning, hasil belajar siswa, suhu dan kalor.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011