ESSAY

Writer / NIM
WISNO PAKAYA / 421413001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Wisno Pakaya. 2017. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Simulasi PhET Pada Materi Bunyi Kelas XI di SMA" (suatu penelitian di SMA Negeri 1 Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing 2 Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis simulasi PhET pada materi bunyi kelas XI di SMA yang valid, praktis, dan efektif di SMA Negeri 1 Gorontalo pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan penelitian 4-D dan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli, observasi, angket respon minat peserta didik, dan tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari: Perangkat pembelajaran berbasis simulasi PhET menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing telah memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validasi oleh pakar dengan kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak digunakan, validitas butir soal untuk penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.329 yaitu (0,772); dan 0.890. serta persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.36 % dan 95.45 %, peserta didik merasa senang dan tertarik serta dapat menumbuhkan motivasi minat belajar peserta didik selain itu peserta didik dapat lebih muda mempelajarai materi tentang bunyi. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Simulasi PhET, Inkuiri Terbimbing, 4-D Bunyi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011