ESSAY

Writer / NIM
REKAWATI LAGANI / 421413003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Rekawati Lagani. 2017. Pengaruh Pembelajaran IPA Berorientasi Kecakapan Berpikir dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi kecakapan berpikir dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung yang berorientasi kecakapan berpikir di kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan posttes only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi kecakapan berpikir dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung yang berorientasi kecakapan berpikir. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 13,9 sedangkan ttabel pada taraf nyata = 0,05 (dk = 42) adalah 1,681, yang berarti Ho ditolak atau H1 diterima. Kata Kunci: STAD, Kecakapan Berpikir, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011