ESSAY

Writer / NIM
HARTIN LAKUTU / 421413010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Hartin Lakutu. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Kecakapan Berpikir Siswa SMP Pada Materi Tekanan. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si dan Pembimbing II: Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen yang valid dan praktis, pada materi tekanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan model 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap definisi, tahap rancangan, tahap pengembang, dan tahap penyebaran. Dalam penelitian ini, data dari hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli, wawancara, dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis validitas dan analisis kepraktisan. Instrumen kecakapan berpikir yang telah dikembangkan diperoleh dari hasil validasi dengan sedikit revisi sehingga dapat digunakan disekolah. Hasil rata-rata yang diperoleh dari instrumen kecakapan berpikir dalam menggali informasi diperoleh rata-rata untuk tiga kali pertemuan yaitu 3.07 dengan kategori cukup baik, selanjutnya dalam mengolah informasi diperoleh rata-rata untuk tiga kali pertemuan yaitu 3.53 dengan kategori baik, dalam memecahkan masalah diperoleh rata-rata 3.46 dengan kategori cukup baik serta dalam membuat simpulan diperoleh rata-rata untuk tiga kali pertemuan yaitu 3.41 dengan kategori cukup baik. Kata kunci : Pengembangan Instrumen, Kecakapan Berpikir
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011