ESSAY

Writer / NIM
FATRAWATY DONGIO / 421413016
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana kesulitan-kesulian yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida statis kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabila yang diukur melalui indikator kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabila dan sumber pendukung lain seperti hasil observasi, tes dan wawancara yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata persentase capaian kemampuan siswa kelas XI Madarasah Aliyah Muhammadiyah Kabila pada materi fluida statis menurut indikator kesulitan belajar yaitu pada indikator belajar fakta sebesar 71.33%, indikator belajar konsep sebesar 72.66%, indikator belajar prinsip sebesar 82.33% dan indikator belajar operasi sebesar 69.56%. Dari rata-rata persentase capaian kemampuan siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabila pada materi fluida statis menurut indikator kesulitan belajar siswa terlihat bahwa pada umumnya siswa sering mengalami kesulitan pada indikator belajar operasi yang hasil capaian siswa hanya mencapai 69.56% yang berarti kemampuan siswa pada indikator belajar operasi tidak maksimal karena belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Kata kunci: Kesulitan belajar siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011