ESSAY

Writer / NIM
RINALDI SUMA / 421413017
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Rinaldi Suma. 2017. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar II Materi Listrik Magnet. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II oleh Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil keterampilan proses mahasiswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle dan model pembelajaran konvensional terhadap mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar II materi Listrik Magnet. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan rancangan Nonequivalent Control Group Desain. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan proses dasar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar II antara kelas eksperimen yang menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Dimana keterampilan proses dasar mahasiswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle lebih tinggi dari keterampilan proses dasar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan = 85,54 > = 77,5. Sehingga pada pengujian hipotesis harga thitung = 1,979 > ttabel = 1,684. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesisnya yaitu "terdapat perbedaan keterampilan proses dasar, antara kelas yang menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional" terpenuhi. Dengan demikian materi fisika II di jurusan kimia lebih cocok menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle. Kata Kunci : Model pembelajaran inquiry, learning cycle, keterampilan proses
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011