Writer / NIM
						WAHYUNI KADIR / 421413033
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN FISIKA
						Advisor 1 / NIDN
						Prof. Dr.  ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
						Advisor 2 / NIDN
						TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
						Abstract
						Wahyuni Kadir. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa SMK yang menggunakan media pembelajaran berbasis PhET dengan pembelajaran menggunakan alat peraga dalam percobaan sederhana pada materi gelombang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Gotong Royong Telaga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Gotong Royong kelas XI pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 130 orang dan tersebar di 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih kelas XI ATU-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TBP-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dengan butir soal sebanyak 8 butir dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah thitung = 3,36 dan  ttabel = 1,69, karena     thitung   ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis PhET dengan pembelajaran menggunakan alat peraga dalam percobaan sederhana melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Kata Kunci: PhET, Alat Peraga, Hasil Belajar
						Download files