ESSAY

Writer / NIM
RISNA M. RASID / 421413037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Regina Fresty Karim. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Pada Materi Elektrostatis Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif JiRe. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II oleh Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran kolaboratif JiRe. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan 2 siklus karena ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I masih dianggap rendah karena ketuntasan klasikal hanya 82.6%. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar mahasiswa, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, dan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data, ketuntasan klasikal dari siklus I dan II mengalami peningkatan dari 82.6% menjadi 91.3%, dengan jumlah mahasiswa tuntas pada siklus I berjumlah 19 orang dan meningkat menjadi 22 orang pada siklus II. Berdasarkan analisis data tersebut, tindakan pada siklus II dinyatakan memenuhi indikator keberhasilan sehingga tidak perlu melanjutkan ke siklus berikutnya. Demikian pula dengan aspek-aspek pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan aktivitas mahasiswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, diantaranya keterlaksanaan proses pembelajaran meningkat dari 95% menjadi 100% pada kriteria sangat baik, aktivitas mahasiswa pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I pada kriteria sangat baik dari 35.5% menjadi 52.2%, dengan persentase rata-rata kriteria baik dan sangat baik pada siklus II sebesar 96.8%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif JiRe dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan Fisika. Kata Kunci : kolaboratif JiRe, hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011