ESSAY

Writer / NIM
NUR RAHMATIA ABDUL / 421413044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Abstract
ABSTRAK Nur Rahmatia Abdul. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing IIDr.Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materiHukum Newton melalui penerapan media pembelajaran berbasis ICT di Kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA1yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan, objek penelitian yaitu media pembelajaran berbasis ICT yang digunakan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, berlangsung dalam dua siklus yang mengacu pada empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi.Instrumen yang digunakan yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hanya 62,5% siswa yang mencapai KKM(70).Persentase ini belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan (85%), sehingga perlu dilanjutkan kesiklus berikutnya. Pada siklus II siswa yang telah mencapaiKKM(70) yaitu 87,5%. Hasil capaian pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan (85%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika khususnya materi Hukum Newton. Kata kunci: Media Berbasis ICT,Hasil Belajar, Hukum Newton
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011