ESSAY

Writer / NIM
MUHAMMAD YUSUF GUNIBALA / 421413047
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
Abstrak Muhammad Gunibala. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing ( I ) Prof. Dr. Mursalin, M.Si ( II ) Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif numbered head together pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali pertemuan pada tanggal 5, 8, 9, 12, 15, dan 16 Juni 2017 yang berlokasi di SMP Negeri 5 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Gorontalo yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila hasil belajar dengan KKM 80 mencapai persentase ketuntasan belajar inividual dan klasikal, serta nilai rata-rata 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,47% dengan persentase ketuntasan klasikal 25% meningkat menjadi 86,52% pada siklus II dengan persentase ketuntasan 90%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, NHT
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011