Writer / NIM
						ODE HAYUNIDA / 421413048
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN FISIKA
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
						Advisor 2 / NIDN
						CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
						Abstract
						ABSTRAK
Ode Hayunida. 2017. Efektivitas pembelajaran fluida statis menggunakan metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk  memberikan gambaran pembelajaran fluida statis dan untuk mengetahui metode Tutor Sebaya efektif digunakan dalam  pembelajaran  pada materi fluida statis tersebut. Penelitian  ini dilaksanakan pada seluruh  peserta didik kelas X1 IPA 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah  rancangan Pre-eksperimental Design bentuk One-Shot Case Study. Instrument yang digunakan yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data instrument dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji one sample t-test. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t-test pada taraf   , thitung = 2,441 > ttabel = 1,708 sehingga hipotesis (H0) ditolak dan  hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka disimpulkan bahwa metode Tutor Sebaya efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida statis karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Efektivitas pembelajaran, Metode Tutor Sebaya, dan Fluida Statis
						Download files