ESSAY

Writer / NIM
ODE HAYUNIDA / 421413048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Ode Hayunida. 2017. Efektivitas pembelajaran fluida statis menggunakan metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pembelajaran fluida statis dan untuk mengetahui metode Tutor Sebaya efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida statis tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh peserta didik kelas X1 IPA 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan Pre-eksperimental Design bentuk One-Shot Case Study. Instrument yang digunakan yaitu lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data instrument dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji one sample t-test. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t-test pada taraf , thitung = 2,441 > ttabel = 1,708 sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka disimpulkan bahwa metode Tutor Sebaya efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida statis karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Efektivitas pembelajaran, Metode Tutor Sebaya, dan Fluida Statis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011