ESSAY

Writer / NIM
FRANGKY J. JAKARIA / 421413050
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK FRANGKY J JAKARIA. 2017. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PHET Pada Materi Teori Kinetik Gas berorientasi Keterampilan proses sains siswa" suatu penelitian di SMA Negeri Limboto Barat. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Mursalin. M.Si dan Pembimbing 2 Tirtawaty Abdjul. S.Pd. M.Pd. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembalajaran Pembelajaran Berbasis PHET Pada Materi Teori Kinetik Gas berorientasi Keterampilan proses sains siswa yang valid, praktis dan efektif di SMA Negeri 1 Limboto Barat pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli, Angket Minat Siswa dan tes dalam hal ini tes keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari; 1) Perangkat pembelajaran berbasis PHET Pada Materi Teori Kinetik Gas berorientasi keterampilan proses sains siswa memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validasi oleh pakar dengan kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak digunakan, validitas butir soal untuk penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.432 serta reliabilitas untuk penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.432. 2.) Kepraktisan, diperoleh dari presentase keterlaksaan pembelajaran rata-rata sebesar 95.45% dan sebagai data pendukung yaitu angket minat siswa terhadap pembelajaran mempunyai respon positip terhadap pembelajaran berbasis Phet. 3) Efektif, diperoleh dari persentase aktivitas peserta didik dengan nilai rata-rata 87.5% dan persentase tes keterampilan proses sains siswa dasar rata-rata sebesar 78.5%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, PHET, Keterampilan Proses Sains Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011