ESSAY

Writer / NIM
ZULKIFLI HIDAYA TULLAH SALEH / 421413051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Zulkifli Hidaya Tullah Saleh. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT Gelombang dan Termodinamika Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Gelombang Mekanik di SMA" (suatu penelitian di SMA Negeri 1 Biluhu). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2 Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis KIT gelombang dan termodinamika pada materi gelombang mekanik yang berkualitas (valid, praktis, dan efektif) di SMA Negeri 1 Biluhu pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang delah dikembangkan berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari; 1) perangkat pembelajaran telah memenuhi syarat valid yang diperoleh dari validasi oleh para pakar; 2) kepraktisan, diperoleh berdasarkan persentase rata-rata keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan nilai 93.18%, dan respon positif dari guru dan peserta didik; 3) keefektifan, diperolah dari persentase rata-rata aktivitas peserta didik dengan nilai 90.97% dan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik dengan nilai 72.22% yang termasuk dalam kategori baik, serta persentase rata-rata penilain sikap dan keterampilan peserta didik sebesar 90.44% dan 91.36% yang juga termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, KIT Gelombang dan Termodinamika, Gelombang Mekanik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011