ESSAY

Writer / NIM
UYAN H. GAGU / 421413057
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Uyan H Gagu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Citron S Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif di kelas XI-IPA di SMA Negeri 2 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan posttes only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 7 butir soal dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif . Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 4,755 sedangkan ttabel pada taraf nyata = 0,05 (dk = 56) adalah 1.695 yang berarti Ho ditolak atau H1 diterima. Demikian pula hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan perolehan rata-rata hasil belajar siswa yakni = 53,62 > 44,76. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiry), Kooperatif, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011