ESSAY

Writer / NIM
NURLAILA KASIM / 421413058
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
Nurlaila Kasim. 2017. Pengaruh Pendekatan Konflik Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada kelas yang menggunakan pendekatan konflik kognitif dan hasil belajar fisika pada kelas yang menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Limboto pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penilitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan postest control group desain. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Cooperatife Learning melalui pendekatan konflik kognitif dan siswa kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Cooperatife Learning melalui pendekatan Saintifik. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa soal-soal uraian. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf , thitung = 6,17 ttabel = 1,68 sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa SMP yang menggunakan model Cooperatife Learning melalui pendekatan konflik kognitif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperatife Learning melalui pendekatan Saintifik. Kata kunci : Pendekatan konflik kognitif, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011