ESSAY

Writer / NIM
LELA TALANGO / 421413059
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Abstract
Lela Talango. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Newton. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning dengan hasil belajar belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penilitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan postest control group desain. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas X IPA4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis project based learning dan siswa kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa soal-soal uraian. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikan=0.05, sehingga diperoleh hasil t_hitung= 2,997 > t_tabel = 1.6723, dimana hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning Kata kunci : Project based learning, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011