ESSAY

Writer / NIM
NURELEN K. ABAS / 421413061
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Nurelen K. Abas, 2017. Efektivitas Pembelajaran Fluida Statis Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dan efektivitas pembelajaran fluida statis menggunakan metode inkuiri terbimbing di SMA Negeri 2 Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan sebanyak 3x pertemuan dan tes diberikan diakhir pertemuan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan kegiatan guru dalam pembelajaran untuk pertemuan pertama sebesar 86,3%, pertemuan kedua sebesar 95,5% dan pertemuan ketiga sebesar 95,5%, persentase aktivitas peserta didik untuk pertemuan pertama sebesar 82,6% , pertemuan kedua sebesar 82,7% dan pertemuan ketiga sebesar 83,8%. Tes hasil belajar peserta didik dengan metode inkuiri terbimbing menunjukkan 83,3% peserta didik memenuhi KKM dan 16,6% peserta didik yang tidak memenuhi KKM. Hal ini diperkuat dengan analisis ketuntasan belajar One Sample t-test di peroleh ''-''ng > 'tabel (3.829 > 1.699). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam membelajarkan materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo Kata kunci:Efektivitas, PembelajaranFisika, InkuiriTerbimbing, FluidaStatis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011