ESSAY

Writer / NIM
MUHAMMAD ILHAM S. DALANGGO / 421413063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
ABSTRAK Muhammad Ilham Dalanggo, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif JiRe pada perkuliahan Fisika Dasar II di Program Studi Pendidikan Kimia materi Elektrostatis (suatu penelitian tindakan kelas pada mahasiswa semester II Jurusan Kimia Universitas Negeri Gorontalo tahun Akademik 2016/2017). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II oleh Nova Elsya Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan model pembelajaran Kolaboratif Jire. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Taggart, dilaksanakan sebanyak 1 siklus dengan 5 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Kelas Pendidikan Kimia B yang mengambil mata Fisika Dasar II pada tahun akademik 2016/2017. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif dengan analisis presentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus 1, dari 20 mahasiswa yang mencapai nilai 75 ke atas yaitu 85%, aktivitas mahasiswa 91% mendapat kriteria baik dan sangat baik dan keterlaksanaan pembelajaran 93.4% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa indikator keberhasilan pada siklus ini telah tercapai maka penelitian diakhiri pada siklus I, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif Jire dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kata kunci : Kolaboratif Jire, Hasil belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011