ESSAY

Writer / NIM
NUR RAHMIYANTI W. HADJINGO / 421413067
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
Nur Rahmiyanti W.Hadjingo. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT Hidrostatik dan Panas Pada Materi Fluida Dinamis di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Pd. Telah dilakukan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analisys), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis KIT Hidrostatik dan Panas yang valid, praktis dan efektif pada konsep fluida dinamis. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berada di SMA N 1 Biluhu yang berjumlah 18 orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan perangkat yang telah dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukan melalui analisis validitas yang di dasarkan pada komentar validator yang menyatakan perangkat yang telah dikembangkan valid untuk digunakan, serta uji validitas dan reliabilitas memenuhi kriteria valid menunjukan rhitung lebih besar dari 0.468 serta hasil reliabilitas pengetahuan, sikap dan kinerja yang hasilnya berturut-turut sebesar 0.707, 0.554, dan 0.630 dengan kriteria reliabel. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan juga ditunjukan dengan respon guru dan peserta didik serta keterlaksanaan proses pembelajaran yang rata-rata persentasenya dalam dua kali pertemuan sebesar 95.45% dengan criteria sangat baik. Sedangkan untuk efektifnya perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukan dengan hasil aktivitas peserta didik yang rata-rata persentasenya dalam dua kali pertemuan sebesar 85.54% memenuhi kriteria sangat baik. Untuk rata-rata hasil belajar kompetensi pengetahuan peserta didik mencapai 77.78%. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, KIT Hidrostatik dan Panas, fluida dinamis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011