ESSAY

Writer / NIM
SURIYANI ALI KIYAI / 421413076
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Suriyani Ali Kiyai 2017 "Pengembangan pembelajaran berbasis PHeT pada materi Gelombang untuk nmeningkatkan hasil belajar siswa ". Skripsi Program studi pendidikan fisika, jurusan fisika, fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si (2) Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Simulasi PHeT pada materi Gelombang yang valid, praktis dan efektif di SMK Gotong Royong Telaga pada tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (reseacch and development) dengan menggunakakn model pengembangan 4-D. pengumpulan data dengan menggunakan validitas ahli, obsservasi, dan kosyuner, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari; 1) perangkat pembelajaran berbasis simulasi PHET telah memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validitas oleh pakar dengan Kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak diigunakan, validitas butir soal unrtuk menilai kompotensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilain rhitung >rtabel (rtabel=0,497) yaitu 0.945: dan 0.718: 2) serta reabilitas untuk penilaian kopotensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai 0.918 ; dan 0.993: 2) kepraktisan, diperoleh dari respon positif dari guru dan peserta didik, peserta didik merasa senang dan tertarik belajar menggunakan model pembelajaran berbasis phet 3) Efektif, diperoleh dari presentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan nilai rata-rata 93,3% presentase aktivitas peserta didik 95,25%. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Berbasis PheT, pada materi Gelombang
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011