ESSAY

Writer / NIM
NURFAJRIN LUMALAGA / 421413079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
Nurfajrin Lumalaga, 2017. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sifat-Sifat Cahaya". Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang memiliki 3 aspek yaitu validitas, praktis dan efektif berbasis KIT Optik dengan menggunakan model inkuiri terebimbing pada materi medan sifat-sifat cahaya yang dilaksanakan di SMPN 1 Telaga Biru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ini terdiri dari langkah analisis (analysis), desain (design), pengembangan (developmant), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data yang digunakan diperoleh melalui validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis data hasil validasi, analisis data hasil wawancara guru dan peserta didik serta analisis data validitas dan reliabilitas terhadap instrumen penilaian kompetensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Aspek validitas (valid) ditunjukkan berdasarkan hasil validasi ahli yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid "dapat digunakan dengan revisi kecil". Aspek kepraktisan ditunjukkan dari hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran tiap pertemuan berada dengan rata-rata persentase untuk dua kali pertemuan adalah 92,5 % yang memiliki kriteria sangat baik, serta respon guru dan peserta didik yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran mudah (praktis) digunakan. Sedangkan aspek keefektifan ditunjukkan dari persentase aktivitas setiap peserta didik berada dengan rata-rata persentase keseluruhan peserta didik untuk dua kali pertemuan adalah 85,3 % yang memiliki criteria baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada kompetensi pengetahuan yaitu 76 %, hal ini dapat dikategorikan perangkat pembelajaran yang digunakan efektif, karena lebih besar dari 75%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, KIT Optik, Inkuiri terbimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011