ESSAY

Writer / NIM
WIRTA ISMAIL / 421413082
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
Telah di lakukan penelitian pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analis (analysis), desain (design), pengembangan (Development), penerapan (Implementasi) dan Evaluasi (Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis KIT Hidrostatik dan Panas yang berkualitas (valid, praktis, dan efektif) pada materi tekanan hidrostatik dan hukum pascal. subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang berada di SMA N 1 BILUHU yang berjumlah 18 orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan perangkat yang telah di kembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini di tunjukan melalui analisis validitas yang didasarkan pada komentator validator yang menyatakan perangkat yang di kembangkan valid untuk digunakan, Kepraktisan perangkat yang di kembangkan juga di tunjukan oleh respon positif dari guru dan peserta didik. Dan keterlaksanaan pembelajaran yang rata-rata- persentasenya dalam dua pertemuan sebesar 91% dengan kriteria sangat baik. Serta untuk keefektifan perangkat ini di tunjukan dari hasil aktifitas peserta didik dengan jumlah responden sebesar 18 orang terlihat skor rata-rata aktivitas peserta didik termasuk dalam kriteria sangat baik sebanyak 5 orang sedangkan kriteria baik sebanyak 12 orang dan cukup 1 orang. serta uji validitas dan reliabilitas memenuhi kriteria valid menunjukan dengan r hitung lebih besar dari pada rtabel. yaitu 0,468. Sedangkan kompetensi pengetahuan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 83% .
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011