ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD MAMAN H. RAUF / 421414002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Mohamad Maman H. Rauf. 2018. Analisis Metakognitif Peserta Didik Pada Konsep Gelombang Di SMA Negeri 2 Gorontalo. Hasil Penelitian, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Supartin M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode survei dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun yang menjadi pusat atau populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Gorontalo. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan 4 teknik pengumpulan data, berupa observasi awal, tes, angket, dan dokumentasi. Pengetahuan metakognitif yang teliti meliputi pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional berkaitan. Data penelitian adalah skor tes dan jawaban peserta pada angket metakognitif. Ketercapaian peserta didik dalam mengerjakan butir soal no 1, 3, 4, 5, dan 7 memiliki presentase pada kategori tinggi dengan nilai berturut-turut 92,59%, 88,88%, 72,22%, 74,04% dan 77,77%. Sedangkan butir soal no 2, dan 6 memiliki presentase pada kategori sedang dengan nilai berturut turut 48,14%dan 57,40 %. Pada angket metakognitif masih ada peserta didik kurang mengetahui kesadaran tentang kognitif mereka dan bagaimana cara mereka mengaturrya dengan baik. Ada beberapa peserta didik sebagian besar yang mampu menjawab pernytaan tersebut sesuai cara belajar meraka. Adapaun peserta didik yang mampu menjawabnya yaitu peserta didik yang nilai tesnya diatas standar. Kata kunci : Metakognitif, deklaratif, prosedural, dan kondisional
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011