ESSAY

Writer / NIM
FATMAWATI ABAS / 421414009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Abstract
Fatmawati Abas. 2018. "Upaya meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas X MIPA SMA Negeri 3 Gorontalo". Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universita Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 3 Gorontalo. Kelas yang dipilih sebagai kelas penelitian yaitu kelas X MIPA 5 dengan jumlah peserta didik yaitu 36 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar aktivitas peserta didik, lembar keterlaksanaan proses (aktivitas guru) dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil yang telah didapat rata-rata peningkatan aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 84,25% dengan kriteria baik.Keterlaksanaan proses pada siklus I sebesar 93,37% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 86,11%. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMA pada materi dinamika gerak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: model pembelajaran probelm based learning, hasil belajar, meningkatkan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011