ESSAY

Writer / NIM
AZHAR S. HUSSA / 421414013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Azhar S. Hussa. 2018. Pengaruh Penerapan Penelitian Ilmiah Remaja Dalam Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kerja sama Peserta Didik Pada Pelajaran Fisika Di Kelas XI IPA3. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Asri Arbie, dan Abd. Wahidin Nuayi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan penelitian ilmiah remaja dan model pembelajaran terhadap kerja sama peserta didik pada pelajaran fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang dilakukan oleh dua orang pengamat dengan menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan kerja sama peserta didik. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan menunjukan bahwa persentase kemampuan kerja sama peserta didik tiap pertemuan mengalami peningkatan. Peningkatan ini dibuktikan dengan kemampuan kerja sama yang dihasilkan dari setiap pertemuan, dimana indikator setiap pertemuan mengalami peningkatan. Indikator kerja sama sebelum mengunakan penerapan penelitian dalam model pembelajaran, saling ketergantungan positif 40.13 kategori rendah, interaksi tatap muka 47.37 kategori sedang, tanggung jawab 42.43 kategori sedang, hubungan interpersonal 48.38 kategori sedang, dan proses kelompok 43.75 kategori sedang. Indikator kerja sama setelah diberi penerapan penelitian ilmiah dalam model pembelajaran, saling ketergantungan positif 78.9 kategori baik, interaksi tatap muka 73.7 kategori baik, tanggung jawab 77.0 kategori baik, hubungan interpersonal 77.3 kategori baik, proses kelompok 78.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan penelitian ilmiah remaja dalam model pembelajaran group investigation memiliki pengaruh yang baik terhadap kerja sama peserta didik. Kata Kunci: Group Investigation, Kerja Sama, Pelajaran Fisika, PIR.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011