ESSAY

Writer / NIM
MIRANDA OKTAVIANI MAHMUD / 421414024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Abstract
ABSTRAK Miranda Oktaviani Mahmud. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Materi Kalor Dan Perpindahan Kalor (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di kelas X 1 Farmasi Keperawatan SMK Kesehatan Prima Utama). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran fisika di kelas X 1 Farmasi Keperawatan dengan menggunakan metode eksperimen pada materi kalor dan perpindahan kalor. Dalam pengumpulan data digunakan hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan kegiatan peserta didik. Peserta didik yang dikenai tindakan berjumlah 22 siswa. Pada siklus 1 dari 22 siswa yang dikenai tindakan 9 (40,91%) peserta didik dinyatakan tidak tuntas dan 13 (59,09%) peserta didik dinyatakan tuntas ini menunjukan bahwa presentasi keberhasilan peserta didik pada siklus 1 belum tercapai, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus pada siklus II. Kekurangan pada siklus 1 diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Pada siklus II hasilnya menunjukan bahwa dari 22 siswa yang dikenai tindakan 4 ( 18,18%) peserta didik dinyatakan tidak tuntas dan 18 ( 81,82%) peserta didik dinyatakan tuntas. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen pada materi kalor dan perpindahan kalor dapat meningkatkan hasil belajar siswa pda proses pembelajaran fisika di kelas X 1 Farmasi Keperawatan SMK Kesehatan Prima Utama pada tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Eksperimen ABSTRACT Miranda Oktaviani Mahmud. 2018. Improving Student Learning Outcomes by using Experimental Method on Heat Material an Heat Exchange (a classroom action research at class X I Pharmacy of Nursing SMK Kesehatan Prima Utama). Skripsi, Bachelor Study Program of Physics, Department of Physics Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, and the co-supervisor is Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd. The study is aimed to investigate the enhancement of students learning outcome of physics learning process at class X 1 Pharmacy of Nursing by using the experimental method on heat material and heat exchange. The data collection used students learning outcome, observation sheets of teacher and student activity. The students that will get treatment are 22 students. At the cycle 1, there were 9 students (40,91%) out of 22 who were treated and declared incomplete, and 13 (59,09%) students are declared complete. It showed that students' successful presentation at the cycle 1 has not achieved. Therefore, it must proceed to the cycle 2. At the cycle 2, there 4 were students (18,18%) who were not complete and the rest 18 (81,82%) is completed. It can be concluded that employing experimental method on heat material and heat exchange can increase students learning outcome on the learning process of physics at class X 1 Pharmacy of Nursing SMK Kesehatan Prima Utama in the period of 2017/2018. Keyword: Learning Outcome, Experimental Method.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011