ESSAY

Writer / NIM
NINING PAPUTUNGAN / 421414033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Nining Paputungan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Kelas XI IPA pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing: (1) Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, (II) Tirtawati Abdjul, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis Virtual Laboratory dan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan real eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2017/2018 dan sampel penelitian diambil 2 sekolah dengan cara tehnik simple random sampling . Data yang terkait dianalisis dengan uji t idependen. Hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Virtual Laboratory lebih uunggul daripada model pembelajaran konvensional yang menggunakan real experiment. Kata kunci: Virtual Laboratory, Real Experiment, Hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011