ESSAY

Writer / NIM
LISNA ABDULLAH / 421414039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstract
ABSTRAK Lisna Abdullah. 2018. "Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Zat Cair". Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi tekanan zat cair. Penelitian ini menggunakan metode The Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Limboto yang populasinya adalah seluruh kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster Random Sampling. Kemudian yang menjadi kelas perlakuan adalah kelas VIII4 dan kelas VIII2 yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian uji t yang diperoleh adalah thitung > ttabel atau 11.44 > 1.68 dengan kata lain thitung berada diluar daerah penerimaan hipotesis Ho (Ho ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Model Inkuri Terbimbing, Random Sampling, Hasil Belajar, Tekanan Zat Cair ABSTRACT Lisna Abdullah. 2018. "The Aplication of Guided Inquiry Learning Model to Improve Student Learning Achievement on the Material of Liquid Pressure." Bachelor Program Study of Physics Education, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Prof. Dr. Mursalin, M.Si, and the co-supervisor is Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc. The study is experimental research that aims to see the difference in the improvement of experimental results using a guided inquiry model compared with control class using direct learning model on the liquid pressure material. The study used the method The Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design. The research is conducted at SMP Negeri 2 Limboto whose population is all of class VIII. The sample in this research using technique cluster Random Sampling. Then the class of treatment is class VIII4 and class VIII2 which amounted to 20 students. The data analysis tecniques use t-Test to test the proposed hypothesis. The result of t-test is obtained tcount > ttable or 11.44 > 1.68 in other words t aritmetic is outside the acceptance area of hypothesis Ho (Ho rejected) which means accept alternative hypothesis (H1 accepted). Thus it can be concluded that there is a difference between student learning outcomes using a direct learning model. Keywords : Guided Inqury Model, Random Sampling, Learning Outcomes, Liquid Pressure
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011