ESSAY

Writer / NIM
I GEDE SUBAWA / 421414048
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pebelajaran TAI (Team Assisted Individulization) dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada materi hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Gorontalo pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dengan butir soal sebanyak 10 butir dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah thitung = 7,706 dan ttabel = 1,671, karena thitung ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assested Individualization) dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Kata Kunci: TAI (Team Assested Individualization), STAD (Student Team Achievement), Hasil Belajar, Hukum Newton
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011