ESSAY

Writer / NIM
RAPNAWATI / 421414060
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
ABSTRAK Rapnawati, 2018 Deskripsi Implementasi Pembelajaran Fisika Di MA Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Boalemo. Skripsi Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Implementasi Pembelajaran Fisika di MA Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Boalemo yang populasinya adalah Sekolah MAN 1 Boalemo dan sampelnya adalah guru fisika yang ada di MAN 1 Boalemo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan untuk implementasi pembelajaran fisika di MA berdasarkan kurikulum 2013 di Kabupaten Boalemo lebih tepatnya di sekolah MAN 1 Boalemo sudah melaksanakan pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa/ pendekatan ilmiah (scientific approach) dan sebagian sudah sesuai dengan Permendikbud No. 103 tahun 2014 tentang standar proses. Manfaat dari penelitian ini bagi sekolah adalah sebagai bahan evaluasi dalam melaksanakan Kurikulum 2013 di sekolah, bagi guru sebagai bahan agar dapat mengoptimalkan kinerjanya dalam kegiatan mengajar serta dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dan dapat mencari solusi dari kendala yang ada sehingga menjadikan motivasi guru untuk meningkatkan keprofesionalan guru dan inovasi dalam proses pembelajaran, dan bagi peneliti sebagai bahan masukan yang akan jadi calon pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 Kata kunci: implementasi kurikulum 2013, scientific approach, pembelajaran fisika, purposive sampling Abstract Rapnawati. 2018. "Description of the Implementation of Physics Learning at MA based on the 2013 Curriculum at Boalemo Disctrict. Skripsi, Gorontalo. Study Program of Physics Education, Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisior is Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, and the co-supervisior is Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd. The study aims at describing the implementation of physics learning at MA based on the 2013 curriculum at Boalemo Disctrict. It applies a qualitative descriptive method conducted at MAN 1 Boalemo. The population is MAN 1 Boalemo, and the samples are physics teachers selected by purposive sampling technique. Findings reveal that, overall, the teachers have applied the students centred learning/scientific approach and most are based on the Permendikbud No. 103, 2014 about the standard of a process. The benefit of this study for school is that the study can be an evalution material in implementing the 2013 curriculum at at school. For teachers, this study can become the reference to optimze their performance in teaching and to find out the obstacles they encountered as well as to look for a solution of the obstacles. Thus, it becomes motivation for the teacher to improve their professionalism and innovation in the learning process. Finally, this study can be an input for researcher as the teacher candidate in implementing the 2013 curriculum. Keywords: The 2013 curriculum , scientific approach, physics learning, purposive sampling
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011