ESSAY

Writer / NIM
NI NYOMAN AYU DEWI / 421414063
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstract
NI NYOMAN AYU DEWI, 2018. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran IPA (Fisika) Materi Getaran Dan Gelombang Di Smp Negeri 13 Gorontalo. Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengggetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh : Pembimbing I, Dr.Rer.Nat. Mohamad Jahja, S.Si, M.Si dan Pembimbing II, Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang mandiri dalam proses pembelajaran, dan penggunaan model pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah SMP Negeri 13 gorontalo pada mata pelajaran IPA (fisika). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran IPA (Fisika) Materi Getaran dan Gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Gorontalo yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel di ambil dengan menggunakan tehnik cluster random sampling kemudian yang menjadi kelas perlakuan adalah kelas VIII A yang siswanya berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Tehnik analisis data menggunakan statistika deskriptif yaitu data-data yang diperoleh dianalisis dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generelisasi kemudian dipresentasekan melalaui tabel atau diagram. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching pada proses pembelajaran terlaksana sesuai RPP dengan baik, dimana proses pembelajaran berlangsung secara keseluruhan aktivitas guru dan aktivitas siswa dari pertemuan I, II dan III, untuk persentase aktivitas guru mencapai rata-rata 92,11% sedangkan persentase aktivitas siswa mencapai rata-rata 79,40%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching sangat sesuai untuk digunakan pada materi getaran dan gelombang mata pelajaran IPA. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Getaran dan Gelombang.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011