ESSAY

Writer / NIM
FARADILLAH MEUTHIAH AMALIA RACHMAN / 421414064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Faradillah Meutiah Amalia Rachman. 2018. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk aktivitan siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di SMP" (Suatu penelitian di SMP Negeri 8 Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Dr. Mohamad Yusuf, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Citron Payu, S.Pd, M.Pd Penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif pada konsep Getaran dan gelombang di kelas VIII SMP pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli, Observasi, dan angket. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning telah memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validasi oleh pakar dengan kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak digunakan, 2) Kepraktisan diperoleh dari respon positif dari guru dan peserta didik mengenai perangkat pembelajaran yang telah digunakan, dan 3) Efektif diperoleh dari persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 98,1 % dan persentase keaktifan peserta didik dengan nilai 89,3%. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, Getaran dan Gelombang ABTRACT Faradillah meuthiah amalia rachman. 2018 ''The development Learning Device by using problem based learning (PBL) Model for the activity of students at clas VIII onvibration and wave materials in junior high school" (A study case in SMP Negeri 8 grontalo). Skripai, Bachelor study program of Physics Education, Departement of Physics, Faculty of Mathematics and natural science, state University of gorontalo. The pincipal supervisor is Dr. Mohamad yusuf, S.Pd, M.Pd, and the co-supervisor is citron payu, S.Pd, M.Pd. The reasearce is to produce a leraning device by using valid problem based learning model, practical and effective in the concept of vibration and wave in calss VIII junior high school in period of 2017/2018. The study is a development research that employed development 4-D. The data collection applied expert validation, Observation, and questionnaire. The analysis result hows that the development device was to fulfill a valid criterion, practical, and effective. It can be seen from 1) the development device based on problamr based learning has met the validity condition which gained from expert validation with valid and eligible of criteria learning device, 2) the practicallity obtained from positive response from teacher and learners regarding the development device implrmention, and 3) the effectiveness obtained from the percentage of learning implementayion with the average value of 98,1 % andthe pecentage activity of the learners value is 89,3% Keywords: Learning Device, Problem Based Learning, vibration and wave
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011