ESSAY

Writer / NIM
EKAWARNI / 421414066
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Advisor 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstract
ABSTRAK EKAWARNI, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP dalam Konsep Getaran dan Gelombang Di Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Supartin, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Abdul Haris Odja, S. Pd, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecakapan sosial dan keterampilan proses sains setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hidup siswa SMP di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi kecakapan sosial pada observasi awal dan observasi akhir serta pretest dan posttest dengan menggunakan tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian ini yaitu pada observasi awal yaitu 23,04% dengan kategori sangat kurang, dan pada observasi akhir mengalami peningkatan yaitu 85,48% dengan kategori baik. Kemudian di uji dengan menggunakan uji N-gain (uji peningkatan kemampuan) berdasarkan Hake (1999) dengan nilai N-gain yang diperoleh yaitu 0,81 termasuk kategori tinggi, sedangkan pada tes keterampilan proses sains terdapat peningkatan dengan nilai rata-rata pretest adalah 20 dan posttest yaitu 74,9 dengan nilai N-gain yaitu 0,7 kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kecakapan sosial dan keterampilan proses sains setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis kecakapan hiidup siswa SMP Negeri 4 Telaga. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif STAD berbasis kecakapan hidup, Kecakapan Sosial, keterampilan proses sains.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011