ESSAY

Writer / NIM
NOFALIA PAPUTUNGAN / 421414074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Advisor 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstract
ABSTRAK Nofalia Paputungan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.rer.nat.Mohamad Jahja, S.Si, M.Si dan Pembimbing II Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah SMP N 5 Gorontalo khususnya mata pelajaran fisika.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Clis dan model pembelajaran konvensional. Penelitian Ini menggunakan metode true eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakasakan di SMP N 5 Gorontalo yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel di ambil dengan menggunakan Cluser Random Sampling kemudian yang menjadi kelas perlakuan adalah kelas VIIIC dan kelas VIIIE yang siswanya sebanyak 31 siswa tiap kelas. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian dari uji t yang di peroleh adalah thitung = 3,61 > ttabel = 1,670, karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Clis Terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII di SMP N 5 Gorontalo pada mata pelajaran IPA (Fisika) materi pokok Tekanan. Kata Kunci : Model Pembelajaran CLIS , Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011