ESSAY

Writer / NIM
SAKINA RACHMATIA / 421414077
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Sakina Rachmatia, 2018. "Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains siswa pada materi gelombang bunyi". Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model penelitian 4-D yang terdiri dari 4 tahap penelitian pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dissemenate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, lembar angket respon guru dan siswa dan lembar tes kemampuan keterampilan proses sains.Teknik analisis data menggunakan analisis data validasi logis, uji n-gain, analisis data aktivitas siswa, analisis data keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis angket respon guru dan siswa terhadap pengembangan perangkat. Hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan tes kemampuan keterampilan proses sains layak untuk digunnakan. Hal ini berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh 3 validator yang menyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan revisi kecil (sedikit revisi). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan praktis berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran masing-masing pertemuan diatas 89,47 % dengan kriteria sangat baik. Selain itu, dilihat dari nilai presentase angket respon guru sebesar 86,45 % dan presentase angket respon siswa sebesar 87,17 % dengan kriteria sangat baik. Kemudian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakkan efektif berdasarkan nilai presentase aktivitas peserta didik pada masing-masing pertemuan di atas 89,81 % dengan kriteria sangat baik serta peningkatan nilai n-gain tes kemampuan keterampilan proses sains sebesar 0,78 dengan kriteria gain tinggi. Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Kearifan lokal, Keterampilan Proses Sains
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011