ESSAY

Writer / NIM
VYYA AFRIYANTI / 421414080
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis real experiment di kelas XI IPA pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA di Kabupaten Bone Bolango. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dan terpilih sekolah SMA Negeri 1 Tapa dan SMA Negeri 1 Kabila. Pada sekolah pertama terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan pada sekolah kedua terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis real experiment. Kata Kunci: Virtual Laboratory, Real Experiment, Hasil Belajar, Gelombang Bunyi dan Cahaya.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011