ESSAY

Writer / NIM
ISRO'IN DIYAWATI / 421414081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
ABSTRAK Isro'in Diyawati.2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggukan Model Pembelajaran Problem Based LearningPada Materi Teori Kinetik Gas (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di kelas XI IPA 3 SMA N 1 Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Mursalin, M.SidanPembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas melalui model pembelajaran Problem Based learning. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan kegiatan guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Peserta didik yang dikenai tindakan berjumlah 35 siswa, pada siklus 1 dari 35 siswa yang dikenai tindakan 9 siswa atau 25.71% dinyatakan tidak tuntas dan 26 siswa atau 74.29% siswa dinyatakan tuntas ini menunjukan bahwa persentasi keberhasilan peserta didik pada siklus 1 belum tercapai, untuk itu perlu dilanjutkanpada siklus II. Kekurangan pada siklus 1 diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Pada siklus II hasilnya menunjukan bahwa dari 35 siswa yang dikenai tindakan 2 siswa atau 5.71% siswa dinyatakan tidak tuntas dan 33 siswa 94.29% siswa dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi teori kinetik gas dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPA 3 SMA N 1 Gorontalo pada tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci :Hasil Belajar, Problem Based Learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011