ESSAY

Writer / NIM
LIA RAHMAWATI / 421415001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstract
ABSTRAK Lia Rahmawati, 421415001. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada anak tunadaksa. Skripsi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2019. Pembimbing 1 Bapak Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2 Ibu Supartin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) pada anak Tunadaksa kelas X SMA yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD, bahan ajar dan penilaian kompetensi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang terdiri dari validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Perangkat pembelajaran yang layak diperoleh dari hasil validasi oleh 3 orang validator yang merupakan dosen penguji, sedangkan keefektifan perangkat diperoleh dari beberapa indikator yaitu keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata 93.93%, aktivitas peserta didik dengan rata-rata 86.9%. Serta respon positif dari guru dan peserta didik yang diperoleh dengan wawancara. Kata kunci : CTL (Contextual Teaching and Learning), PBI (Problem Based Learning), Perangkat Pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011