ESSAY

Writer / NIM
EKAWATI R. SULU / 421415010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Advisor 2 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Abstract
Ekawati R Sulu. 421415010. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Pada Materi Panasan Globa. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dewi Diana Paramata, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing 2 Dr.Ritin Uloli, S.Pd,M.Pd Permasalahan utama penelitian ini rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi pemansan global. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pemanasan global melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments. Hipotesis tindakan adalah jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada mata pembelajaran IPA meteri pemansan global, Maka hasil belajar peserta didik akan meningkat. Peserta didik yang dikenai tindakan adalah 30 orang siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo , tahun ajaran 2019/2020. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik dan lembar observasi peserta didik dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kegiatan belajar mengajar mengalami peningkatan. Capaian presentase setiap kriteria penilaian pertemuan pertama dan kedua siklus I yaitu SB 10,5%, B 42%, C 47% dan SB 15,7%, B 74% dan C 10,5% . Dan pada siklus II presentasi pencapaian setiap kriteri penilaian pertemuan pertama dan kedua meningkat menjadi SB 31,5%, 68,4% dan SB 74% dan 26,3%. Hasil belajar peserta didik pada materi pemanasan global setelah diberi tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments hasil belajar pserta didik mengalami peningkatan Kata kunci: Hasil belajar peserta didik, pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011