ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD FITRAH RAMADHAN TATALI / 421415024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
Moh. Fitrah Ramadhan Tatali. 2022. Pengaruh Teknik Pembelajaran Probing-Prompting Dengan Media Simulasi Berbantuan PhET Terhadap Hasil Belajar Siwa Pada Materi Gelombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Citron S. Payu, S.Pd M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dari pengaruh teknik pembelajaran Probing-Prompting dengan media simulasi berbantuan PhET terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan alat peraga pada percobaan sederhana pada materi gelombang. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lolak menggunakan metode eksperimen dengan design Posttest Only Control Group Design, dalam penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pembelajaran Probing-Prompting berbantan media simulasi PhET dan kelas pembanding yaitu XI MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model Inkuiri Terbimbing berbantuan alat peraga pada percobaan sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dengan 8 butir soal dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah t_hitung = 3,36 lebih dari t_tabel = 1,69, maka kesimpulannya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan teknik pembelajaran Probing-Prompting berbantuan media PhET dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan alat peraga sederhana.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011