ESSAY

Writer / NIM
SRI WAHYUNI H. MURSALIN / 421415026
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
Sriwahyuni H. Mursalin. 421415026. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbantuan Group Facebook Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah menerapkan pembelajaran berbantuan grup facebook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Gorontalo, kelas XI IPA 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk essay sebanyak 9 butir soal untuk pre-test dan 9 butir soal untuk post-test yang dibagikan pada awal dan akhir pembelajaran dan lembar validasi ahli yang digunakan untuk mengetahui kevalidan suatu instrumen yang digunakan selama penelitian. Data hasil instrumen tes dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji normalitas data, uji hipotesis dan uji gain ternormalisasi, sedangkan data hasil analisis validasi ahli dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian berupa hasil belajar fisika menunjukkan bahwa nilai persentase rata-rata skor hasil belajar siswa untuk pre-test sebesar 19,85% dan post-test sebesar 82,40% dengan nilai N-gain sebesar 0,78 (g> 0,70) termasuk kriteria gain tinggi. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada tiap ranah kognitif juga mengalami kemajuan hasil belajar yang lebih besar dibanding dengan sebelum diterapkannya pembelajaran berbantuan grup fecebook. Hasil uji normalitas data juga menunjukkan bahwa data kelas eksperimen terdistribusi normal karena Lhitung > Ltabel, dan untuk hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran dengan bantuan grup facebook terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Kata Kunci : Kooperatif Tipe Stad, Hasil Belajar, Facebook
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011