ESSAY

Writer / NIM
MARWAN A. ANOG / 421415033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Marwan A. Anog. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori Kinetik Gas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Abdul Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Stad pada materi teori kinetic gas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain One group preteset posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Gorontalo kelas XI IPA. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih Kelas XI IPA 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dengan butir soal sebanyak 10 butir dalam bentuk tes uraian. Presentase skor rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model stad adalah 34,33% dan 83,65% . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah thitung = 1,68 dan ttabel = 0,39, karena thitung ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran stad pada materi teori kinetic gas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model STAD , hasil belajar, teori kinetic gas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011