Writer / NIM
						MARWAN A. ANOG / 421415033
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN FISIKA
						Advisor 1 / NIDN
						Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
						Advisor 2 / NIDN
						ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
						Abstract
						ABSTRAK
Marwan A. Anog. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori Kinetik Gas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Abdul Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Stad pada materi teori kinetic gas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain One group preteset posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Gorontalo kelas XI IPA. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih Kelas XI IPA 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dengan butir soal sebanyak 10 butir dalam bentuk tes uraian. Presentase skor rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model stad adalah 34,33%  dan  83,65% . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah thitung = 1,68 dan ttabel =  0,39,  karena  thitung      ttabel  maka  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran stad pada materi teori kinetic gas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model STAD , hasil belajar, teori kinetic gas
						Download files