ESSAY

Writer / NIM
SRI ENZELA R. BIIYA / 421415034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Advisor 2 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian butir soal kognitif dengan indikator dalam RPP buatan guru pada materi fisika berdasarkan kaidah-kaidah penulisan soal. Subjek penelitian yaitu guru Fisika di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif mengikuti konsep yang diberikan Miles, Huberman dan Spradley dengan teknik pengumpulan data berupa dokumen butir soal dengan RPP dan wawancara. Adapun pengujian keabsahan menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penilaian kesesuaian butir soal dengan indikator dalam RPP Buatan Guru didapatkan hasil bahwa untuk keseluruhan soal pilihan ganda dari soal nomor 1 s/d soal nomor 6, dikatakan kurang sesuai karena soal hanya mencangkup beberapa kaidah penulisan soal untuk pilihan ganda, dan untuk keseluruhan soal uraian baik materi pertama dan materi kedua dikatakan sesuai karena soal-soal tersebut sudah mencangkup semua kaidah penulisan soal untuk uraian, Sehingga hasil analisis menunjukkan bahwa butir soal yang dibuat oleh guru hanya berpusat pada beberapa indikator pembelajaran saja atau tidak semua indikator pembelajaran tidak memiliki butir soal, hal ini dapat menyebabkan tidak terdistribusinya pencapaian dalam pembelajaran. Kata kunci : Kaidah Penulisan soal, RPP Buatan Guru, Butir Soal
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011