ESSAY

Writer / NIM
FANDI MAMONTO / 421416012
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Advisor 2 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Abstract
Fandi Mamonto. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dewi Diana Paramata, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus yang valid dan layak digunakan secara teoritis. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan desain model 4D yang melalui 4 tahapan diantaranya tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data melalui lembar validasi terdiri dari Dosen, Guru IPA, Kepala Sekolah, dan Mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kevalidan perangkat melalui indeks Aiken V dalam RPP sebesar 0.89, LKPD sebesar 0.88 dan THB sebesar 0.88. Ketiga komponen perangkat termasuk kriteria sangat valid. Uji reliabilitas masing-masing komponen untuk RPP senilai 0.818, LKPD senilai. 0.857, dan THB senilai 0.884. Komponen perangkat pembelajaran reliabel dengan kategori baik berdasarkan Interrater Correlation Coefficient (ICC). Secara teoritis, perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak diuji cobakan di kelas VIII Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, STAD, Siswa Berkebutuhan Khusus.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011