ESSAY

Writer / NIM
NURCAHYANI PODUNGGE / 421416020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Advisor 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstract
Nurcahyani Podungge. 2020. Pengaruh Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Gejala Pemanasan Global Berbasis Nilai-Nilai Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Dibimbing Oleh Dewi Diana Paramata dan Abdul Haris Odja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai apakah terdapat pengaruh penerapan e-learning dalam pembelajaran fisika berbasis nilai-nilai al-quran terhadap hasil belajar siswa, yang dilakukan di MAN 1 Kota Gorontalo pada tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan kelas XI IPA 4 sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksprimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa pretest dan posttest, data yang terkumpul dilakukan uji n-gain dengan nilai rata-rata hasil belajar pada posttest adalah 64 sedangkan pada pretest adalah 17 artinya nilai posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest sehingga terjadi peningkatan hasil belajar. Sedangkan nilai n-gain yang ternormalisasi adalah 0.637 dan termasuk dalam kategori sedang. Pada uji normalitas didapatkan bahwa hasil pretest dan posttest yaitu Lhitung< Ltabel sehingga data berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji ..."t berpasangan diperoleh thitung sebesar 31.22 sedangkan nilai diperoleh sebesar 2.03951. Dengan demikian thitung > ttabel sehingga Ho : ditolak dan Hi : diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan setelah menerapkan e-learning dalam pembelajaran fisika berbasis al-quran pada konsep gejala pemanasan global. Kata Kunci: E-learning, Hasil Belajar, Nilai-nilai Al-quran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011