ESSAY

Writer / NIM
NURUL A SUPU / 421416024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Advisor 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstract
ABSTRAK Nurul A Supu. 421416024. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Berbasis Google Classroom Dan Google Meet Dengan Implementasi Inquiry Based Learning Dalam Konsep Elastisitas Benda Dan Hukum Hooke Terhadap Minat Belajar Siswa. Dibimbing oleh Asri Arbie dan Abdul Wahidin Nuayi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai apakah terdapat pengaruh pada penerapan pembelajaran menggunakan media sosial berupa Facebook dan WhatsApp dengan berbasis Google Classroom dan Google Meet dalam pembelajaran fisika terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Suwawa tahun ajaran 2020/2021, yang melibatkan empat kelas pada kelas XI IPA semester Ganjil 2020/2021 dengan satu kelas sebagai kelas eksperiman dan ketiga kelas lainnya sebagai kelas replikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-eksperimental dan desain One Groups Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, data yang terkumpul berdasarkan dengan kriteria ketentuan minimum (KKM) yaitu 73. Dari hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh thitung 5.85 dan ttabel 1.72, kelas replikasi 1 diperoleh thitung 7.53 dan ttabel 1.71, kelas replikasi 2 diperoleh thitung 9.64 dan ttabel 1.73, kelas replikasi 3 diperoleh thitung 1.83 dan ttabel 1.75, dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima. Hasil uji N-gain untuk mengetahui skor hasil peningkatan minat siswa, pada kelas eksperimen diperoleh 0.48, kelas replikasi 1 diperoleh 0.33, kelas replikasi 2 diperoleh 0.31 dan kelas replikasi 3 diperoleh skor 0.34, dapat dilihat peningkatan untuk kelas eksperimen dan ketiga kelas replikasi yang hasilnya tidak jauh berbeda. Selanjutnya hasil skor uji Effect Size kelas eksperimen diperoleh 1.34, kelas replikasi 1 diperoleh 1.22, kelas replikasi 2 diperoleh 1.35, dan kelas replikasi 3 diperoleh 1.14 dengan kriteria Strong Effect. Hal ini menunjukkan bahwa setiap kelas memiliki keefektifan dari perlakuan yang telah diberikan. Dengan demikian, penerapan pembelajaran menggunakan media sosial berbasis Google Classroom dan Google Meet berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa paling rendah sebesar 73. Kata Kunci: Media Sosial, Google Classroom, Google Meet, Minat Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011