ESSAY

Writer / NIM
MOH. REGHI MAMONTO / 421416028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Advisor 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstract
Moh. Reghi Mamonto. 2020. Pengaruh Penerapan Pembelajaran E-learning Pada Penggunan Edmodo Berbantuan Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Gelombang Bunyi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Abdul Haris Odja dan Pembimbing 2 Tirtawaty Abdjul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran e-learning pada penggunaan edmodo berbantuan whatsapp terhadap hasil belajar pada konsep gelombang bunyi. Selain itu respon peserta didik terhadap treatmen yang diberikan juga diperhatikan sebagai bahan evaluasi peneliti. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan quasi eksperimen. Adapun tempat pelaksanaannya dilakukan di SMA Negeri 1 Gorontalo semester genap tahun ajaran 2019/2020, dengan subjek penelitian kelas XI IPA 8, dengan jumlah peserta didik 20. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan berdasarkan penilaian hasil test oleh peserta didik. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas data dan statistik uji t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui harga t hitung sebesar 5,53 dimana harga ini lebih besar dari 1,72 yang merupakan harga dari t tabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan edmodo berbantuan whatsapp terhadap hasil belajar pada konsep gelombang bunyi. Dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest peserta didik dari kelas eksperimen maka dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada konsep gelombang bunyi dengan effect size kriteria strong effect. Kata kunci:, E-learning, Edmodo berbantuan Whatsapp, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011