ESSAY

Writer / NIM
MOH. APANDI G. JAAPAR / 421416030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Advisor 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstract
Moh Apandi G. Jaapar. 2020. Pengaruh Model Pembelajran Discovery Learning Berbantuan Media Crossword Puzzle Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Getaran, Gelombang dan Bunyi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Trisnawaty J. Buhungo, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media crossword puzzle berbasis android guna untuk melihat pemahaman konsep fisika pada mata pelajaran IPA. Pengaruh ini dapat dilihat dari mampu atau tidaknya peserta didik untuk mecapai kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan One GrupsPretest-postest Design Data yang diperoleh berupa hasil belajar yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep fisika menggunakan lembar tes pilihan ganda. Berdasarkan analisis gain diperoleh rata-rata pretest 28,75 % dan postest 84,75 % dengan gain yang ternormalisasi sebesar 0,78 masuk dalam kriteria tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan program aplikasi SPSS diperoleh sig. (2-tilled) 0,000, karena 0,000 besar dari 0,05 maka hipotesis diterima, artinya memiliki perbedaan sebelum dan setelah diterapkanya pembelajaan Discovery Learning Berbantuan Media Crossword Puzzle Berbasis Android. Hal ini menunjukan pembelajaran discovery learning berbantuan media crossword puzzle berbasis android berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Kata Kunci : Discovery Learning, Crossword Puzzle, Pemahaman Konsep Fisika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011