ESSAY

Writer / NIM
FADHLUL HAQ / 421416031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
Fadhlul Haq, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Online Berbantuan Google Classroom dan WhatsApp untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abdul Harsi Odja, M.Pd, dan Pembimbing 2 Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pengunaan model pembelajaran Think Pair Share Online Berbantuan Google Classroom dan WhatsApp. Pengaruh ini dapat dilihat dari mampu atau tidaknya siswa untuk mencapai kriteria ketuntasan minimal. penelitian yang diterapkan yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen serta menggunakan One Group Pretest Postes Design sebagai desain penelitian. Adapun tempat pelaksanaannya di SMP Negeri 5 Gorontalo semester genap tahun ajaran 2020/2021, dengan subjek penelitian kelas VIII IPA dengan jumlah peserta didik 20 orang. Data analisis gain diperoleh rata-rata pretest 32.5 % dan diperoleh berupa hasil belajar yang disusun berdasarkan indikator menggunakan lembar tes pilihan ganda postes 77 % dengan gain yang ternormalisasi sebesar 0.68 masuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan program aplikasi SPSS diperoleh sig. (2-tilled) 0,000. karena 0,000besar dari 0,05 maka hipotesis diterima, artinya memiliki perbedaan sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran Think Pair Share Online Berbantuan Google Clasroom dan WhatsApp. Hal ini menunjukkan embelajaran Think Pair Share Online Berbantuan Google Clasroom dan WhatsApp pada materi getaran di SMP berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Think Pair Share Online, Google Classroom, WhatsApp, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011